Home > Artikel > Wonolestari, Hutan Rakyat dari Selatan Jogja

Wonolestari, Hutan Rakyat dari Selatan Jogja

wono2-Tanaman-pohon-jati-berusia-lebih-dari-10-tahun-di-hutan-rakyat-UMHR-Wonolestari.-Foto-Tommy-Apriando.Pepohonan jati berjajar setinggi lebih 15 meter dengan batang berdiameter 50-100 centimeter. Ada jambu biji, nangka sampai empon-empon (tanaman rempah), menyelingi. Itulah tanaman Nurhadi, di hutan rakyat Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

“Dulu lahan disini jambu biji, 1998 mulai ditanami jati untuk tabungan. Jika butuh ditebang,” katanya, awal Desember 2015.

Pria 57 tahun ini mempertahankan lahan warisan orangtuanya dengan bertani seraya menjaga kelestariaan. Dia memutuskan bergabung dengan unit manajemen hutan rakyat (UMHR) Wonolestari pada 2014. Dia berharap, bisa belajar mengelola hutan, lingkungan dan bertani di hutan milik.

“Jika tebang pohon, kami akan kembali menanam dua kali atau lima kali lipat,” katanya.

Saya mengelilingi hutan rakyat di Desa Guwosari dan Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta itu. Singkong, pepaya, dan empon-empon, tumbuh subur di bawah tegakan jati dan mahoni.

Zuchri Saren Satrio, didampuk sebagai Sekretaris UMHR Wonolestari bercerita, hutan rakyat Wonolestari ada di tiga desa: Sendangsari, Triwidadi dan Guwosari, Kecamatan Pajangan. Wonolestari berdiri 10 Juli 2012, terdaftar di notaris Desember 2012.

“Awalnya wilayah awal kelola 786,54 hektar tersebar pada 34 dusun di Desa Sendangsari maupun Triwidadi,” kata pria yang akrab disapa Rio.

Awalnya, Agustus 2011, Lembaga AruPA bekerjasama dengan Pusat Standarisasi dan Lingkungan (PUSTANLING) Kementerian Kehutanan serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Yogyakarta memfasilitasi kelompok di Triwidadi dan Sendangsari. Mereka persiapan sertifikasi pengelolaan hutan rakyat lestari. Wonolestari berdiri sebagai wadah kelompok tani di Bantul.

Pada Maret 2013, Wonolestari lulus sertifikasi legalitas kayu dengan wilayah kelola 786,54 hektar tersebar di Desa Sendangsari dan Triwidadi.

SUMBER: http://www.mongabay.co.id/2015/12/30/wonolestari-hutan-rakyat-dari-selatan-jogja/